Makalah ini disusun guna memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Media
Pembelajaran
Disusun Oleh :
1.
Mutoharoh
2.
Siti
Qomariyah
3.
Nuril Badriyah
FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM (STAI)
AL-MUHAMMAD CEPU
BAB
I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Dalam suatu proses
belajar mengajar, dua unsure yang sangat penting adalah metode mengajar dan
media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan.
Pemakaian media
pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan
keinginan yang baru, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar.
Penggunaan media
pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu keefektifan
proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saai itu juga,
Sehingga yang menjadi tujuan dari pe,belajaran bias tercapai secara maksimal.
RUMUSAN MASALAH
a.
Apa pengertian media pembelajaran ?
b.
Apa cirri umum media pembelajaran ?
c.
Apa saja jenis dan klasifikasi media
pembelajaran ?
d.
Bagaimana pengenalan media pembelajaran dalam lingkungan
sekolah ?
e.
Manfaat media pembelajaran ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian media pembelajaran
Istilah
medi berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “ Medium
“, yang secara harfiah berarti perantara / pengantar .
Menurut
EACT yang dikutip oleh Rokani (1997 : 2 ), Media adalah segala bentuk yang
dipergunakan untuk proses penyaluran informasi.
Menurut
Djamarah (1995 : 136 ), Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan
sebagai penyaluran pesan guna mencapai tujuan pembelajaran.
Dapat
disimpulkan media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan
informasi dari sumber informasi kepada
penerima informasi.
B. Ciri umum media pembelajaran
Media
pembelajaran mempunyai 3 ciri yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan
dan apa saja yang dapat dilakukan yang mungkin guru tidak mampu melakukannya.
Ciri tersebut
diantaranya :
1.
Ciri fiksatif ( Fixative Property )
Suatu ciri yang
menggambarkan kemampuan media, merekam, menyimpan, melestarikan dan merekronstruksikan suatu peristiwa / obyek.
2.
Ciri manipulative ( Manipulative Property )
Suatu cirri yang
mentransformasikan suatu kejadian / obyek dimungkinkan karena media memiliki
cirri manipulasi.
3.
Ciri distributive ( Distributive Property )
Suatu cirri yang
memungkinkan suatu obyek / kejadian yang di tranformasikan melalui ruangan
secara bersamaan.
C. Jenis dan klasifikasi media pembelajaran
Pada
dasarnya media yang banyak digunakan untuk kegiatan pembelajaran adalah media
komunikasi. Tetapi seorang pengajar butuh beraneka ragam jenis media
pembelajaran yang dapat menunjang pelajaran.
Penggunaan
media harus disesuaikan dengan materi dn tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
A. Jenis media pembelajaran
Jenis media menurut Djamarah diklasifikasikan
menjadi 3 yaitu :
1.
Media auditif
Suatu media yang
mengandalkan kemampuan suara saja, misalnya radio , kaset recorder
2.
Media visual
Media yang hanya
mengandalkan indera penglihatan karena hanya menampilkan gambar diam,
seperti foto , gambar , lukisan
3.
Media audio-visual
Media yang mempunyai
unsure suara dan unsure gambar , jenis media ini mempunyai kemampuan lebih
baik.
Menurut Rudy
Brets, jenis media pembelajaran terbagi menjadi 7 yaitu :
1.
Media audio visual gerak
2.
Media audio visual diam
3.
Audio semi gerak
4.
Media visual bergerak
5.
Media visual diam
6.
Media audio
7.
Media cetak
Menurut Andersen, jenis media pembelajaran
terbagi menjadi 10 yaitu :
1.
Audio
2.
Cetak
3.
Audio – cetak
4.
Proyeksi visual diam
5.
Proyeksi audio visual diam
6.
Visual gerak
7.
Audio visual gerak
8.
Obyek fisik
9.
Manusia dan lingkungan
10.
Komputer
Dapat
disimpulkan media pembelajaran terbagi atas berikut :
1.
Media audio
Media
yang isi pesannya hanya diterima melalui indra pendegar
2.
Media visual
Media
yang hanya mengandalkan indra penglihatan
3.
Media audio visual
Media yang digunakan
untuk menyampaikan pean pembelajaran dalam bentuk video
4.
Media multimedia
Media
yang dapat menyajikan unsure media secara lengkap
5.
Media realita
Media nyata yang ada
dilingkungan alam, baik yang masih hidup, maupun yang sudah diawetkan
6.
Internet
Media yang
memberikan perubahan bear bagi pembelajar, Karena dengan media ini pembeljar
dapat berinteraksi dan berkomunikasi secara jarak jauh
B. Klasifikasi media pembelajaran
Berbagai
cara dapat dilakukan untuk mengklasifikasi dan mengidentifikasi media.
Klasifikasi media ini
dapat menjadi landasan untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan
pesan, bagaimana suara dan gambar yang disajikan, dll
Klasifikasi menurut Degeng dalam Azhar
Arshad (2006)
1.
Pesan ( apa informasi yang ditransmisikan )
2.
Orang ( siapa yang melakukan transmisi)
3.
Bahan (apa yang menyimpan informasi)
4.
Alat (apakah yang menyimpan informasi)
5.
Teknik (bagaimana informasi itu ditransmisikan )
6.
Lingkungan (dimana ditransmisikan )
Klasifikasi menurut Soeparno
1.
Klasifikasi media berdasarkan karakteristiknya
a.
Klasifikasi media yang memiliki karakteristik
tunggal
b.
Klasifikasi media yang memiliki karakteristik
ganda
2.
Klasifikasi berdasarkan dimensi presentasi
a.
Berapa lama presentasi
b.
Bagaimana sifat presentasi
3.
Klasifikasi berdasarkan pemakaiannya
a.
Berapa jumlah pemakai
b.
Berapa usia dan tingkat pendidikan pemakai
D. Pengenalan media pembelajaran dala
lingkungan sekolah
Ada beberapa pengenalan
media dilingkup sekolah, diantaranya :
1.
Papan tulis dan white board
Merupakan
alat yang sangat diperlukan disetiap sekolah terlebih diruang kelas
2.
Papan flannel (flannel board)
Merupakan media
grafis yang efektif untuk menyajikan pesan – pesan tertentu kepada sasaran
tertentu pula
3.
Papan bulletin (Bulettin Board)
4.
Lembaran balik
Lembaran
kertas manila / flano yang berisi pesan / bahan pelajaran
E. Manfaat media pembelajaran
Manfaat
mempelajari media pembelajaran diantaranya :
o
Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan
o
Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan
menarik
o
Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
o
Efisiensi dalam waktu dan tenaga
o
Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
o
Memungkinkan proses pembelajaran dapat dilakukan
dimana saja dan kapan saja
o
Menimbulkan sikap positif
Manfaat lain :
·
Meningkatkan mutu pendidikan dengan jalan
mempercepat rate of learning
·
Membantu guru meggunakan waktu belajar secara
lebih baik
·
Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi
BAB
IV
PENUTUP
KESIMPULAN
Dapat disimpulkan bahwa :
ü
Media pembeljaran merupakan egala sesuatu yang
dapat menyalurkan inforamasi dari sumber informasi kepad apenerima informasi
ü
Jenis media bermacam – macam, jika dilihat dari
ebrapa sidut dan masing – masing tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan
tersendiri
ü
Secara umum manfaat media pembelajaran adlah
memperlancar intraksi antara guru dengan siswa. SEhingga kegiatan belajar lebih
efektif dan efisien
DAFTAR
PUSTAKA
-
Dale, E . 1969 . Audiovisual Method in Teaching.
New York.
Dyden Press
-
Djamarah, Syiful Bahri dan Aswan Zain . 2006 .
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta
: PT . Rineka Cipta
-
Sanjaya , Wina . 2006 . Strategi Pembelajaran . Jakarta : Kencana Prenada
Media Group
-
Sumber : Buku Media PembelajaranHujain AH Sanaky
-
Fitri Sengadji . Blogspot . com /2013
-
Rusmantokkpi . wordpress.com/2013/10
Silahkan baca juga >>>>:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar